Ancaman non militer

ANCAMAN NON MILITER


  • Pengertian Ancaman non militer 

   Ancaman yang dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan negara, dan keselamatan segenap negara, ancaman ini dapat berasal dari luar negeri  atau dalam negeri

Contoh :

1. Pergaulan

   Pergaulan merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu, dapat juga oleh individu dengan kelompok.
Seperti yang dikemukakan oleh Aristoteles bahwa manusia sebagai makhluk sosial (zoon-politicon), yang artinya manusia sebagai makhluk sosial yang tak lepas dari kebersamaan dengan manusia lain.
Tetapi dalam bergaul kita juga harus berhati", karena itu dapat mempengaruhi pribadi kita sendiri. 

  contohnya adalah cara berpakaian.
Kita hidup di negara yang cara berpakaiannya termasuk dalam golongan 'tertutup' dalam arti kata yaitu sopan. 
Tapi, sekarang banyak remaja remaja Indonesia yang mengikuti cara berpakaian orang luar (kebarat²an). 
Remaja memakai hot pants dan baju yang memperlihatkan perut mereka, itu sudah termasuk dalam ancaman non militer. 
  
  Solusinya adalah dengan cara lebih baik oranh tua lebih memperhatikan cara berpakaian anak mereka, jika pakaian itu tidak pantas untuk dipakai maka orang tua wajib untuk menegur mereka dan menasehati agar anaknya memakai pakaian yang lebih sopan.


2. Sosial media 

   Media sosial adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. 
setiap hal pasti memiliki sisi positive dan negativnya. Begitupun juga dengan sosial media.

  contoh sisi negativ dari sosial media adalah banyaknya berita berita hoax (tidak nyata) yang beredar di media sosial, contohnya di instagram.
Berita hoax akan menyebabkan hal yang tidak spele, berita hoax dapat mengakibatkan fitnah dan adu domba. 

  Solusinya adalah dengan cara jangan cepat mempercayai berita yang baru saja kalian lihat di instagram, jika ingin mempercayainya sebaiknya cari dahulu kebenarannya.


3. Game 

   Permainan atau Gim merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama. 
Game juga merupakan salah satu hal yang mempunyai sisi negativ dan positifnya. 

Contoh sisi negativ dari game adalah game dapat merusak mata jika terus terusan dimainkan, game juga dapat membuat anak anak atau para remaja malas untuk melakukan suatu hal, misalnya malas belajar. 
Hal ini dapat membuat anak bangsa menjadi generasi yang buruk untuk negara kita. Maka dari itu jangan biarkan anak anak kecanduan bermain game 

 Solusinya adalah dengan cara mengawasi anak jika mereka sedang bermain game, dan dengan cara menjadwal mereka jika ingin bermain game. 
Jangan sampai anak anak dan para remaja kecanduan bermain game. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ancaman di bidang sosial budaya